Tentang Penulis

Aliansi Pendidikan Alternatif Jatim (dari kiri:Wawan E. Kuswandoro (Personal Excellent Community, MIRACLE Method), Munif Chatib (Multiple Intelligences), Anita Lie (EduBusiness Consulting Surabaya), 2 teman pengelola Sekolah Unggul di Sidoarjo, Daniel M. Rosyid, Ph.D (Penasehat Dewan Pendidikan Jawa Timur), dan 2 teman dari JSIT Surabaya)

Hallo Saudaraku…

Bagaimana kabar anda? Selalu baik dan selalu bertekad menjadi lebih baik lagi kan… Yupz… coz everything gonna be okay… (Bondan copyright,2010). Because there are two kinds of day: good day and great day

Ok saudara, saya perkenalkan diri saya, untuk anda yang belum mengenal saya… (bagi yang sudah kenal, kasih tahu teman-teman ya… hehe….:)).

Saya WAWAN EDI KUSWANDORO, tinggal di Probolinggo, sebuah kota dinamis di Jawa Timur, 100 km sebelah timur Surabaya, dekat gunung Bromo. Berkegiatan di Probolinggo, Surabaya, Malang dan beberapa kota di Jawa Timur, sebagai pengajar (dosen) di Universitas Brawijaya Malang dan beberapa perguruan tinggi di Jawa Timur sebagai dosen luar biasa dan dosen tamu, peneliti, trainer (subconscious mind educator & Inner Power), penulis dan penerbit buku. Kegiatan ini saya lakukan secara lebih serius setelah saya menyelesaikan tugas sebagai Ketua & Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo (2003-2009). Maklumlah, tugas di KPU amat menyita waktu…. hehe… (tugas negara coy….).

Saya mengembangkan metode pengembangan diri untuk tujuan PELATIHAN (TRAINING) DAN COACHING dengan memadukan hypnotherapy, Neuro Language Programming (NLP), Mind Power, Inner Energy, dsb. Bidang-bidang ilmu yang akhirnya saya tekuni serius (plus Neuro Science) — setelah saya ngelarin studi saya di pasca sarjana Universitas Airlangga Surabaya.

Dalam dunia pendidikan, berdasarkan observasi saya terhadap praktik pendidikan di tanah air saya berkesimpulan bahwa ada sesuatu hal urgen yang hilang dari praktik pendidikan kita, yaitu pembentukan karakter dan perilaku, yang terkalahkan oleh pengejaran terhadap kecerdasan semata dan hal-hal yang bersifat pragmatis dan instant. Ketika pendidikan telah kehilangan ruhnya, maka nasib para pembelajar di tanah air menjadi tidak jelas.

Pengamatan ini saya dapatkan setelah sekitar 10 tahun saya berkecimpung di dunia pendidikan sebagai Ketua Dewan Pendidikan di kota saya (Probolinggo) dan Koordinator Forum Dewan Pendidikan se-Wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur, yakni sejak 2005 – sekarang (2002 – 2005 sebagai Litbang Dewan Pendidikan; 2000-2002 sebagai anggota Komite JPS dan “Forum Lintas Pelaku”, monitorer program pemerintah) dan anggota Aliansi Pendidikan Alternatif Jawa Timur bersama Bpk Daniel M. Rosyid, Ph.D (mantan Ketua, Penasehat Dewan Pendidikan Jawa Timur), Bpk Munif Chatib (Multiple Intellegences), Ibu Anita Lie, Ed.D (Direktur EduBusiness Consultant Surabaya), dll.

Seorang pembelajar yang seharusnya tumbuh menjadi pribadi yang prima, excellent dengan ciri mampu mengelola diri sendiri dan orang lain (tidak hanya cerdas saja), akan sangat sulit didapat dari praktik pendidikan yang hanya menyibukkan diri dengan ihwal pragmatis dan instant. Jika pun misalnya pendidikan kita mampu memproduksi anak-anak cerdas –(lihat dulu: cerdas yang bagaimana, berapa banyak prosentasenya dan dengan cara apa anak-anak didik itu memperoleh status “cerdas” atau dinilai cerdas, apakah misalnya dengan mengikuti berbagai les, kursus di luar sekolah sehingga mahir mengerjakan soal-soal ujian dan itu disebut “cerdas”?)– maka yang perlu dievaluasi: apakah mereka sekaligus telah tumbuh menjadi pribadi yang prima?

Menyikapi kondisi keterlanjuran ini saya ingin berkontribusi pada pengembangan diri para pembelajar kita, tidak hanya sebatas pada mereka yang berstatus “pelajar” resmi di sekolah-sekolah, tetapi kepada siapa saja yang merasa menjadi seorang pembelajar, yang ingin mengubah diri menjadi lebih baik serta pernah menjadi “korban malpraktik pendidikan”. Yaitu dengan metode mind reprogramming dan accelerated learning.

Setelah gabung dan belajar bareng teman-teman di Asosiasi Praktisi Hipnosis Indonesia (APHI) saya mendirikan Miracle™ Ways (Mind Reprogramming & Accelerated Learning), yang memberikan layanan KONSULTASI, TRAINING, COACHING, TERAPI dan BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS TERAPI BAWAH SADAR. Pembentukan pribadi yang prima (excellent) efektif dimulai dengan pengenalan dan komunikasi bawah sadar yang dilakukan secara kontinyu mengimbangi “tabungan entry data” yang telah bertahun-tahun (bahkan mungkin puluhan tahun) mengeram dalam otak dan menjadi pola pikir yang kontra produktif, bahkan menjadi emosi negatif dan mental block yang menghambat kepribadian excellent.

Metode ini tidak hanya applicable pada ranah pendidikan dalam pengertian persekolahan dan perkuliahan serta pengembangan diri para pelajar dan mahasiswa, tetapi juga pendidikan dalam pengertian luas, yakni pengelolaan MIND – BODY – SOUL pada diri seseorang –siapapun– untuk melejitkan potensi dirinya dan melakukan perubahan mind set dan pemikiran yang lebih produktif serta pengembangan pribadi menjadi lebih baik.

Di sela-sela aktivitas penelitian, training, coaching dan public education, saya masih suka menyempatkan diri menulis termasuk blogging walaupun nge-blog-nya tidak bagus dan tidak sering… hehe…. maklumlah, bukan tukang blogger beneran… Yang penting ide-ide saya bisa saya tampung dan syukur jika ada yang suka… Jika ada yang suka, bisa kok dikutip, tapi cantumkan juga sumbernya (link) lho ya…. biar sama-sama bertanggungjawab gitu…. hehe… bisa kok dikomentari… Semoga bermanfaat. Dan jika ada yang gak suka, ya gak apa-apa lah…. mohon maaf lahir batin, perbedaan adalah anugerah…. agar kita bisa belajar bersama… berkembang bersama… Saling melengkapi… Let’s share to grow up together…

Okay Saudara… Cukuplah ya perkenalan ini…. Saya sangat senang jika ada respons dari pembaca blog ini. Terimakasih.

Salam Damai…

Wawan E. Kuswandoro, M.Si, CHt, NLP, CI

  • Departemen Ilmu Politik, FISIP Universitas Brawijaya, Jl. Veteran Malang (Jatim).
  • Jl. Suropati No. 6 Malang (Jawa Timur).
  • Founder & Trainer pada Miracle™ Ways.
  • Jl. Pahlawan 2 (Barat) Probolinggo, Jawa Timur.
  • wkuswandoro@gmail.com, miracleone.in@gmail.com
  • 0335 – 7607 706, 081234 7 6361, 0815 5665 0900
  • Facebook: http://www.facebook.com/wawan.kuswandoro
  • Twitter: http://www.twitter.com/wkuswandoro
  • YM: wawanedi@yahoo.com
  • Skype: wawan.kuswandoro

2 Tanggapan

  1. asssalamulaikum wr.wb
    begitu saya melihat web punya bapak, kami sangat terpesona
    karena disamping tampilan yang disajikan cukup membuat kami tertarik.saya pingin belajar lebih dari bapak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: