Accelerated Learning

Accelerated Learning, adalah Konsep Belajar dengan menggunakan seluruh kemampuan  inderawi yang dimiliki oleh setiap orang sebagai piranti input data, dan memrosesnya (data processing) menurut cara kerja otak & sistem syaraf  (neuron) serta menyimpannya dalam memory storage otak yang memiliki daya tampung luar biasa! Tidak sebatas pada processing (cara berpikir) namun pada penyimpanan berikut pengaturan peletakannya di otak sehingga kita bisa mengaksesnya kapan saja dengan mudah.

Dengan menggunakan konsep belajar yang tepat, maka kita dapat mengoptimalkan fungsi otak kita. Untuk tujuan belajar, amat baik jika menggunakan konsep ini. Hanya perlu latihan dan sedikit ketekunan dan kesabaran maka kita bisa memberdayaklan otak kita (dan putra/ putri kita) dengan cara yang menyenangkan.. efektif lagi !

Apakah ini cara instant?

Oh.. no… ! Tidak sobat. Belajar itu proses. hanya saja, ini adalah proses yang efektif bila dibandingkan dengan cara belajar yang tidak menggunakan pemahaman cara kerja otak dan sistem syaraf tadi itu (cepat lupa, jadi beban pula). Sobat, belajar tetaplah merupakan sebuah PROSES. Hanya saja, proses yang bagaimana? Itulah yang dimaksudkan dengan “accelerated learning”. Dalam pengertian sempit, jika belajar diartikan “membaca buku” (“pekerjaan utama” para pelajar kita) maka dengan konsep accelerated learning ini membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat untuk memehami isi buku (“memahami”; bukan menghapal, tetapi jika telah paham [pakai metode ini], secara otomatis juga telah “hapal”).

Dalam pengertian luas, BELAJAR adalah proses mengubah dan memperbaiki tingkah laku dan sikap (attitude), –karena pada dasarnya kita kan pengin menjadi pribadi yang lebih baik kan…– maka penggunaan metode ini sangat ampuh dan efektif, untuk segala keperluan hidup kita.

Bagaimana caranya?

Tentu saja, ini memerlukan bimbingan seorang konselor / terapis pemberdayaan otak. Namun untuk mempersiapkan kondisi “ready to go” untuk accelerated learning, Anda bisa memulai dengan 7 langkah ini:

Step 1:  Kenali Dulu Diri dan Pikiran Anda

Step 2:  Pikirkan cara belajar yang selama ini Anda lakukan.

Step 3: Pikirkan tujuan belajar Anda.

Step 4: Pikirkan Potensi Keunggulan dan ‘kelemahan” Anda.

Step 5: Fokuskan pada Tujuan Ke Depan Yang Ingin Anda Capai.

Step 6: Tulis progress Anda: ada ‘kemajuan’ di mana atau menemui ‘ganjalan’ di mana.

Step 7: Hubungi terapis / pembimbing Anda untuk memperkuat ‘kemajuan’ dan menyelesaikan ‘ganjalan’ tsb.

Terapis/ pembimbing Anda akan mendeteksi potensi pikiran dan emosi Anda untuk kemudian melakukan beberapa langkah pemrograman pikiran (Mind Reprogramming) yang diperlukan untuk meng-akselerasi pembelajaran Anda dan membimbing Anda untuk langkah lanjutan secara mandiri.

Ok sobat…. selamat mengembangkan diri !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: