Sinematografi

Pembukaan Pelatihan Sinematografi

Film merupakan media penyampaian informasi efektif kepada masyarakat, media hiburan, advokasi kebijakan kepada pemerintah dengan menampilkan potret sosial masyarakat, serta sebagai media budaya & pendidikan. Namun sayang, industri film & sinetron Indonesia masih belum menunjukkan kelasnya sebagai media belajar rakyat.  Karenanya, sangat perlu MENCETAK KADER sineas muda yang kreatif agar dapat mengembangkan KREAVITASNYA di bidang audio visual & perfilman (SINEMA) yang berfungsi produktif-kreatif, informatif, edukatif, entertain dan  berkarakter.
DIKLAT SINEMATOGRAFI kami sajikan untuk mencetak SINEAS MUDA kreatif agar mampu berkarya di bidang industri kreatif film. Dan DIKLAT TEATER untuk memperkuat KARAKTER objek yang difilmkan. (InSECS Jatim).

“Menulis Karya Film” (Sinematografi) atau membuat film, tidak sama dengan membuat film dokumenter atau company profile atau shooting video hajatan. Sinematografi adalah “menciptakan dunia atau menuliskan kembali kehidupan melalui pesan-pesan gambar hidup”, dengan melibatkan unsur cipta-rasa-karsa. Ia menggunakan efek audio visual dipadukan dengan pengesanan pesan, pengesanan karakter dan efek emosi penonton, sehingga penyajiannya tidak selalu linier (plot lurus), tidak selalu kronologis (waktu & tempat) tetapi kadang menggunakan efek thriller ataupun flash back, dsb. Teknik pengambilan gambar juga memperhatikan angle dan pemaduan yang berkarakter.
Instruktur Diklat Sinematografi ini adalah para pegiat film, sineas muda kreatif yang masih produktif, pendiri dan ketua Sinematografi Universitas Airlangga Surabaya, dosen & peneliti sosial dan budaya lokal Universitas Airlangga Surabaya.
Output diklat Sinematografi: pada hari ke-2 (terakhir) diklat, peserta mampu membuat & menayangkan film dengan naskah skenario, shooting & editing sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: